Sabtu, 19 Mei 2018

BAB 12 KEPEMIMPINAN

    Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mengatur sebuah kelompok dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Dalam sebuah organisasi tak lepas dari sebuah kepemimpinan, dan berhasil tidaknya suatu perusahaan ditentukan oleh seorang pemimpin. Pemimpin harus mampu membimbing, mengontrol dan mengelola segala aktifitas, untuk mencapai efektivitas yang maksimal.
    Dari seorang pemimpin terdapat karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain. Dari sini kita dapat mengetahui bagaimana cara pemimpin dalam menjalankan kepemimpinan yang diembannya. Seorang pemimpin harus dapat mengontrol kecerdasan emosionalnya, karena hal itu dapat mengindikasikan kepemimpinan yang efektif. Ia juga harus bersifat ramah serta mampu dalam memprakarsai struktur. Untuk itu terdapat beberapa teori dalam sebuah kepemimpinan diantaranyateori situasional dimana pemimpin yang berhasil dalam menjalankan tugasnya adalah yang bergantung pada pemilihan gaya kepemimpinan terhadap kesiapan dari pengikutnya. Teori jalur tujuan bahwa tugas dari seorang pemimpin adalah membantu para pengikutnya dalam mencapai tujuan dan mengarahkan mereka agar tujuan yang dicapainya sesuai dengan keseluruhan dari tujuan kelompok.
     Maka dari itu terdapat sebuah kepemimpinan yang karismatik dan tranformasional. Kepemimpinan yang karismatik cenderung berani mengambil resiko pribadi demi sebuah visi. Dia juga peka terhadap kebutuhan dari pengikutnya, dan mampu menunjukan perilaku yang luar biasa.
Kepemimpinan tranformasional lebih ke dalam memotivasi dan menginspirasi para pengikutnya dalam mencapai tujuan,terutama untuk melampaui kepentingan diri mereka demi keuntungan sebuah organisasi.
    Kepemimpinan autentik dimana etika dan kepercayaan menjadi peran penting dalam meningkatkan mutu pemimpin.seorang pemimpin harus memiliki etika baik dalam menjalankan pelayanan dan mampu menjaga komunikasi dari berbagai instansi. Ia juga harus mampu meningkatkan integritas,kebajikan dan kemampuannya dalam menerapkan pengetahuan dan keahlian dalam menjalankan tugasnya.
   Kepemimpinan sebagai atribut bahwa yang terpenting adalah memproyeksikan penampilan untuk menjadi seorang pemimpin serta menitikberatkan pada pencapaian aktual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 16 BUDAYA ORGANISASI

    Budaya organisasi merupakan sebuah sistem yang dianut para amnggota untuk membedakan organisasi satu dengan yang lain. Dalam sebuah orga...